Fakultas dan Jurusan Favorit Di UNDIP


Menuju fakultas dan program studi favorit, di UNDIP pun begitu banyak peminatnya. Jumlah peminatnya dari ratusan hingga mencapai ribuan ketika masuk pendaftaran calon mahasiswa baru terlihat di tahun ini. Di bawah ini merupakan beberapa fakultas maupun program studi favorit yang ada di UNDIP.

Untuk kategori sains dan technologi fakultas dan jurusan terfavorit di UNDIP dapat dilihat di bawah :

1. Fakultas Kedokteran

Plt Kepala Humas Undip, Rini Handayaningsih, menjelaskan, jurusan kedokteran menjadi pilihan pertama bagi calon mahasiswa pada kelompok saintek. "Ada 1.943 pelajar memilih jurusan kedokteran," kata Rini, dalam keterangan tertulisnya.

Mungkin karena melihat prospek kerja fakultas kedokteran, lulusan sarjana ini dapat bekerja di rumah sakit terkemuka atau ingin menjadi seorang dokter di rumah sakit umum. Menjadi dokter spesialis pun juga dapat dilakukan oleh lulusan sarjana ini.

2. Fakultas Kesehatan Masyarakat

Fakultas favorit lain yang ada di UNDIP pun ada lagi yaitu, Fakultas Kesehatan Masyarakat dengan 1.822 pendaftar. Setiap mahasiswa yang mengambil program studi Kesehatan Masyarakat tentu akan belajar mengenai banyak hal berkaitan dengan gizi dan kesehatan setiap individu.

Prospek kerja lulusan sarjana Fakultas Kesehatan Masyarakatpun sangat menjanjikan. Tak heran Fakultas ini menjadi fakultas Faforit kedua setelah Fakultas Kedokteran. Mereka dapat bekerja di puskesmas, rumah sakit, klinik, kementerian bidang kesehatan, dan masih banyak lagi yang lain. Bahkan menjadi seorang konsultan kesehatan bagi perusahaan makanan maupun minuman pun juga dapat. Seorang konsultan kesehatan dapat membuka praktek sendiri, bergabung dengan satu perusahaan, atau berada di rumah sakit tertentu untuk memberikan solusi asupan gizi baik kepada pasien.

3. Program Studi Teknik Mesin

Fakultas Teknik juga menjadi fakultas favorit di UNDIP. Program studi Teknik Mesin menjadi program studi favorit di UNDIP jurusan teknik mesin dengan 1.268 pemilih. Lulusan sarjana teknik memang memiliki prospek yang baik untuk memperoleh pekerjaan. Seorang lulusan sarjana Teknik Mesin di UNDIP dapat bekerja di perusahaan motor ataupun mobil. Mulai perusahaan Astra, Honda, Suzuki, Daihatsu, Toyota, Hyundai dapat dipilih sarjana Teknik Mesin ini. Menjadi seorang teknisi lapangan maupun pengawas dalam sebuah perusahaan besar pun juga dapat dipilih. Sangat luas prospek kerja untuk sarjana Teknik Mesin karena di manapun terutama yang berkaitan dengan mesin, dapat membuka peluang sarjana Teknik Mesin untuk bergabung di dalamnya. Bahkan juga dapat bekerja di perusahaan besar yang ada di beberapa wilayah di Indonesia.

Sementara itu, pada kelompok soshum, prodi manajemen masih menjadi favorit karena dipilih oleh 2.269 siswa. Prodi favorit kedua dan ketiga adalah akuntansi (2.268 pendaftar) dan hukum (2.021 pendaftar).

Hingga menjelang penutupan pendaftaran SNMPTN 2015, tercatat 58.789 siswa telah mendaftar ke kampus tersebut. Calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur Bidikmisi sebanyak 9.899 orang.  Siswa yang menempatkan Undip sebagai pilihan pertama sebanyak 34.016 orang dan 24.773 calon mahasiswa lainnya menjadikan Undip sebagai pilihan kedua.

Peningkatan jumlah pendaftar ke Undip salah satunya disebabkan kebijakan panitia SNMPTN yang mengatur siswa untuk memilih satu PTN di lokasi yang sama dengan sekolah asal jika memilih lebih dari dua kampus. Tahun ini, Undip membuka tiga jalur penerimaan yaitu SNMPTN, seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), serta jalur mandiri.

Share this:

Aturan Berkomentar
  • Berikanlah pendapat Anda sesuai topik diatas.
  • Kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.
  • Jangan melakukan promosi produk atau semacamnya.
  • Jangan menggunakan kata-kata kotor, maupun menyangkut SARA.
  • Dan yang paling penting, bacalah isi postingan terlebih dahulu sebelum berkomentar.
Show Parser Box

Disqus CommentsLoadHide